Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat

Kesehatan

Kesehatan seorang wanita sangat penting untuk kesehatan bayinya. Wanita yang makan dengan baik dan berolahraga secara teratur bersama dengan perawatan prenatal teratur cenderung memiliki komplikasi selama kehamilan. Mereka juga lebih mungkin berhasil melahirkan bayi yang sehat.


Nutrisi

Makan makanan bergizi selama kehamilan terkait dengan perkembangan otak janin yang baik, berat lahir yang sehat, dan itu mengurangi risiko banyak cacat lahir.

Diet seimbang juga akan mengurangi risiko anemia, serta gejala kehamilan yang tidak menyenangkan lainnya seperti kelelahan dan mual di pagi hari. Nutrisi yang baik dianggap membantu menyeimbangkan perubahan suasana hati dan itu dapat meningkatkan persalinan dan melahirkan juga.

Diet kehamilan yang seimbang meliputi:

– protein
– vitamin C
– kalsium
– buah-buahan dan sayur-sayuran
– biji-bijian
– makanan kaya zat besi
– lemak yang cukup
– asam folat

Berat badan bertambah

Cara sederhana untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda selama kehamilan adalah makan berbagai makanan dari masing-masing kelompok makanan setiap hari.

Banyak wanita khawatir tentang berapa banyak berat badan yang akan mereka dapatkan selama kehamilan. Jika berat badan Anda berada dalam kisaran normal sebelum Anda hamil, disarankan untuk menambah berat badan sebanyak 25 hingga 35 pound. Penting untuk mendiskusikan dan memantau berat badan dan kebutuhan nutrisi Anda dengan dokter selama kehamilan. Rekomendasi penambahan berat badan akan bervariasi untuk wanita yang kekurangan berat badan sebelum hamil, bagi mereka yang mengalami obesitas, dan bagi mereka dengan kehamilan ganda, seperti kembar.

Apa yang tidak boleh dimakan

Untuk melindungi ibu dan bayi dari infeksi bakteri atau parasit, seperti Listeriosis, pastikan bahwa semua susu, keju, dan jus dipasteurisasi. Jangan makan daging dari konter deli atau hot dog kecuali jika dipanaskan sepenuhnya. Juga hindari makanan laut yang didinginkan dan diasap, serta daging, unggas, dan makanan laut yang kurang matang. Jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda memiliki riwayat alergi, bicarakan dengan dokter Anda tentang makanan apa saja yang harus dihindari.

Vitamin prenatal

Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan harus berasal dari makanan, tetapi suplemen vitamin prenatal memainkan peran penting. Wanita hamil seringkali terlalu sibuk untuk merencanakan tiga kali makan yang mengandung nutrisi setiap hari, dan suplemen vitamin dapat memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan janin yang sedang berkembang.

Asam folat (folat) adalah vitamin B yang sangat penting bagi wanita hamil. Suplemen asam folat dikonsumsi beberapa minggu sebelum kehamilan dan selama 12 minggu pertama kehamilan terbukti menurunkan risiko memiliki anak dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Sebagian besar vitamin prenatal mengandung 1 miligram asam folat. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda mulai mengambil vitamin prenatal. Mereka dapat membantu Anda memutuskan jenis mana yang terbaik untuk Anda.

Olahraga

Olahraga ringan tidak hanya dianggap aman untuk wanita hamil, tetapi juga dianjurkan dan dianggap bermanfaat bagi ibu dan bayi yang sedang tumbuh. Berolahraga 30 menit sehari terbukti membantu sirkulasi, memperkuat otot, dan mengurangi stres. Namun, penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga apa pun, terutama jika Anda berada dalam kategori berisiko tinggi. Jika Anda tidak aktif secara fisik sebelum hamil, bicarakan dengan dokter Anda tentang olahraga apa yang dapat Anda lakukan selama kehamilan.

Bagi sebagian besar kehamilan normal, olahraga dapat:

– meningkatkan level energi
– tingkatkan tidur
– memperkuat otot dan daya tahan
– mengurangi sakit punggung
– meringankan sembelit

Latihan aerobik, seperti berjalan, jogging, dan berenang, merangsang jantung dan paru-paru serta aktivitas otot dan persendian, yang membantu memproses dan memanfaatkan oksigen. Aktivitas aerobik juga meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan tonus dan kekuatan otot.

Ada banyak kelas olahraga yang dirancang khusus untuk wanita hamil yang membantu membangun kekuatan, memperbaiki postur dan penyelarasan, dan meningkatkan sirkulasi dan pernapasan yang lebih baik.

Latihan jongkok dan kegel harus ditambahkan ke rutinitas latihan. Latihan Kegel fokus pada otot-otot vagina dan perineum. Latihan ini dilakukan dengan cara yang sama seperti seorang wanita berhenti dan memulai aliran air seni. Otot perineum diperketat selama tiga hitungan dan kemudian otot perlahan-lahan rileks. Masa otot berkontraksi dapat ditingkatkan seiring waktu karena kontrol otot menjadi lebih mudah. Relaksasi otot-otot perineum dapat membantu selama kelahiran bayi. Latihan kegel dianggap membantu wanita mempertahankan tonus otot yang baik dan mengontrol di daerah perineum, yang dapat membantu dalam pengiriman dan pemulihan setelah lahir.

Menghilangkan kebiasaan buruk

Membuat pilihan gaya hidup yang baik akan secara langsung berdampak pada kesehatan janin yang sedang tumbuh. Penting untuk berhenti merokok, penggunaan narkoba, dan konsumsi alkohol. Ini telah dikaitkan dengan komplikasi serius dan risiko untuk ibu dan bayi.

Minum alkohol selama kehamilan dikaitkan dengan berbagai masalah pada bayi yang sedang berkembang. Alkohol apa pun yang dikonsumsi oleh ibu memasuki aliran darah janin dalam konsentrasi yang kira-kira sama seperti pada aliran darah ibu. Minum selama kehamilan dapat menyebabkan sindrom alkohol janin (FAS). American Academy of Pediatrics memperingatkan bahwa FAS dapat menyebabkan bayi Anda kekurangan berat badan dan memiliki kelainan pada sistem saraf pusatnya.

Konsumsi alkohol selama kehamilan juga dapat menyebabkan komplikasi, seperti:

– keguguran
– persalinan prematur dan persalinan
– kelahiran mati

Tidak ada bukti bahwa merokok sebelum hamil sudah mulai akan membahayakan bayi yang sedang berkembang. Namun, ada banyak sumber tepercaya yang membuktikan bahwa merokok selama kehamilan berbahaya. Merokok mempengaruhi aliran darah dan pengiriman oksigen ke bayi, dan karenanya pertumbuhan mereka.

Merokok adalah penyebab tunggal paling umum dari bayi berat lahir rendah, yang pada gilirannya adalah penyebab paling umum kematian dan penyakit dalam beberapa minggu pertama kehidupan. Merokok juga terkait dengan berbagai komplikasi kehamilan, termasuk:

– pendarahan vagina
– kehamilan ektopik
– detasemen plasenta prematur
– persalinan prematur dan persalinan

Menjadi sakit selama kehamilan

Selain semua gejala yang sejalan dengan kehamilan, wanita hamil lebih rentan terhadap infeksi tertentu, seperti flu biasa. Seorang wanita hamil lebih mungkin menjadi sangat sakit jika dia masuk angin atau flu. Meskipun penyakit seperti itu dapat membuat Anda merasa sangat tidak sehat, sebagian besar tidak akan memengaruhi bayi Anda yang sedang berkembang.

Beberapa penyakit yang lebih umum termasuk:

– flu biasa
– flu musiman
– hidung beringus
– sakit perut

Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang perawatan yang aman digunakan untuk segala penyakit selama kehamilan. Banyak obat dan suplemen umum seperti aspirin dan ibuprofen tidak dianjurkan selama kehamilan.

Pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindari sakit. Pola makan dan olahraga yang sehat, serta banyak istirahat dan mencuci tangan yang baik, akan membantu memastikan kesehatan yang baik. Bidikan flu musiman adalah garis pertahanan terbaik selama musim flu. Dianjurkan bagi mereka yang akan berada di trimester kedua atau ketiga selama waktu ini. Wanita hamil memiliki risiko yang jauh lebih besar untuk mengalami komplikasi baik dari virus flu musiman, maupun dari flu babi (H1N1).

Bicaralah dengan dokter Anda tentang riwayat kesehatan Anda. Mereka dapat memberi tahu Anda apakah ada risiko terhadap kesehatan bayi Anda atau tidak.

Beberapa wanita yang memiliki riwayat asma mungkin menemukan bahwa gejala mereka memburuk selama kehamilan. Ini sebagian disebabkan oleh peningkatan jumlah hormon dalam sistem, serta rahim yang membesar, yang menekan paru-paru dan membatasi jumlah udara yang tersisa di paru-paru Anda setelah mengembuskan napas.

Perawatan prenatal

Menghadiri semua pemeriksaan perawatan prenatal akan membantu dokter Anda memantau Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh dengan hati-hati selama kehamilan Anda. Ini juga akan memberi Anda waktu yang dijadwalkan untuk bertanya kepada dokter Anda tentang segala kekhawatiran yang Anda alami tentang kehamilan Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *